Semut Madu


Semut Madu (Myrmecocystus Mimicus) adalah salah satu semut yang terunik dari 10.000 jenis semut.Beda dengan lebah yang menyimpan madu disarangnya ,semut ini menyimpan nektar di dalam perut semut pekerja.

Semut ini diberi makan oleh semut pekerja dengan pembuangan pencernaan aphid(serangga daun).sebenarnya zat ini tidak ada hubungannya dengan madu yang biasa kita kenal tetapi buangan pencernaan aphid yang memakan getah tumbuhan mengandung kadar gula yang tinggi .semut pekerja dispesies ini dinamakan semut madu mengumpulkan madu dari kutu,biji dan bunga.Pada proses pengambilan madu pada kutu ,semut akan mendekati kutu dan mendorong perutnya dan sang kutu akan memberikan setetes buangan pada semut.Proses tersebut terjadi berulang kali sehingga semut bisa menyedot cairan buangan kutu cukup banyak.

Dalam setiap koloni semut madu terdiri dari seokor ratu,semut pekerja dan semut yang digunakan sebagai lumbung hidup yang bertugas menampung nektar.
Para semut pekerja akan pulang kesarangnnya dengan membawa nektar dan diberikan kepada semut yang bertugas menampung nektar,semut ini menyimpan nektar dengan tubuhnya yang akan digunakan anggota koloni pada masa sulit.Mereka diberikan makanan terus-menerus sehingga tubuhnya membengkak sesudah itu mereka akan bergelantungan dilangit-langit sampai mereka dipanggil turun untuk memuntahkan isinya untuk anggota koloni yang kelaparan pada saat-saat sulit mencari makanan.Jika mereka jatuh para semut pekerja akan mengembalikan pada posisi semula dan bobot pot madunya 8 kali dari bobot semut tersebut.

Perekam kehidupan satwa liar Jhon Brown dari Leafield di Oxfordshire,Inggris mengatakan "lumbung makanan hidup ini sebenarnya bisa dikatakan menjijikan,mereka ini hanya bergelantungan dilangit-langit dan tidak melakukan pekerjaan apapunkecuali makan terus.Betul-betul aneh" .
Koloni semut madu bisa bertahan 25 - 30 tahun dan sarang mereka bisa mencapai kedalaman 3.6 meter dan sarang mereka bisa sekeras semen.

Artikel Terkait