Gelatik Jawa ( Java Sparrow )



 Gelatik Jawa (Padda Oryzivora)adalah jenis burung kicau berukuran kecil dengan panjang lebih kurang dari 15 cm dari suku Estrildidae .Burung ini memiliki kepala hitam ,pipi putih dan paruh merah yang berukuran besar dan kuat.Burung dewasa berwarna abu-abu,perut yang berwarna coklat kemerahan,kaki merah muda dan terdapat lingkaran merah disekitar matanya.Burung jantan dan betina serupa tetapi burung muda berwarna coklat.
Burung ini endemik dari indonesia dan di alam banyak ditemukan di hutan,padang rumput,sawah dan lahan budidaya di Pulau Jawa dan Bali.sekarang burung ini dikenali dibanyak negara diseluruh dunia sebagai burung hias.


Perilakunya senang berkelompok dan cepat berpindah-pindah,makannan utamanya adalah bulir padi atau beras juga biji-bijian lain ,buah-buahan dan serangga .Burung betina menetaskan antara 4 sampai 6 butir telur yang berwarna putih.


Spesies ini merupakan salah satu burung yang paling diminati oleh para pemelihara burung.penangkapan liar,hilangnya habitat hutan serta terbatasnya ruang hidup burung ini sebagai salah satu faktor penyebab menyusutnya populasi burung gelatik dan bahkan terancam punah di habitat aslinya dalam waktu singkat.
Sehingga sekarang jarang sekali melihat populasi burung ini disekitar kita.



Artikel Terkait Burung