Burung Unta


Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup didunia.Dengan ketinggian hingga 2.5 meter (8 kaki),ia cukup besar untuk dinaiki manusia dewasa berbadan kecil.Di afrika Utara dan arab burung unta digunakan sebagai hewan tunggangan perlombaan.
Burung unta tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal yaitu Ratit (Palaeognaths),dan nama ilmiahnya Struthio Camelus.Burung unta berasal dari sabana dan bagian gurun Afrika bagian Utara dan Selatan zona hutan katulistiwa.Di Swedia dan sekitarnya burung unta dipelihara sebagai hewan potong untuk diambil dagingnya.


Menurut kepercayaan burung unta akan memasukan kepalanya jika terancam bahaya,akan tetapi perilaku ini tidak pernah ada yang mencatat dan melihatnya meskipun burung unta akan merendahkan lehernya ke tanah untuk melindungi dari bahaya jika ada predator mendekat.Apabila terancam ,burung unta akan mampu membuat predarornya luka parah dengan tendangannya yang kuat.
Makanan burung unta adalah buah-buahan dan daun-daunan akan tetapi kadang juga makan serangga dan kadal .Karena hidup di daerah kering makanya mereka biasa dan tahan hidup lama tanpa minum air.


Anggota lain kelompok Palaeognaths :burung era,emu,kasuari serta burung terbesar yang diketahui tetapi sekarang sudah punah ,Aeopyornis.

Artikel Terkait Burung